Cara Sederhana Kalibrasi Baterai Android Tanpa Root

Cara kalibrasi baterai Android merupakan suatu trik atau cara yang memungkinkan perangkat Android kita mengkalibrasikan atau mecocokan ulang persentase daya baterai ponsel Android. Selain itu kalibrasi baterai Android juga bisa digunakan untuk mengetahui apakah baterai pada suatu ponsel Android dalam keadaan normal atau rusak.

Sistem operasi Android memiliki pengaturan yang disebut Battery Stats yang menunjukkan kapasitas baterai saat kondisi penuh atau kosong. Masalahnya adalah terkadang Battery Stats rusak sehingga menampilkan data yang tidak benar, ini menyebabkan ponsel mati sebelum mencapai 0%. Proses kalibrasi baterai akan memperbaiki informasi tersebut.

Jika anda mulai merasa performa baterai dan durasi baterai hp android anda menurun, inilah saatnya untuk melakukan kalibrasi baterai. Pada kali ini saya akan akan membagikan tutorial sederhana kalibrasi batrai hp Android paling mudah kepada anda, berikut cara kalibrasi baterai android secara manual.

Cara Kalibrasi Baterai Android Manual

  1. Charge dahulu hp android anda dalam keadaan menyala hingga penuh 100%. Setelah baterai penuh, matikan hp android anda.
  2. Dalam keadaan mati, charge kembali hp android anda hingga penuh. Perhatikanlah indikator pengisian baterai seperti lampu LED yang apabila penuh akan berwarna hijau.
  3. Setelah baterai penuh, nyalakan hp android anda. Charge sekali lagi hingga 100%.
  4. Setelah baterai penuh kembali. Silahkan pakai untuk browsing, chatting, nonton video dan lainnya. Jangan charge dan biarkan hp android anda mati sendiri karena kehabisan baterai.
  5. Jika baterai telah habis, diamkan dahulu hp android anda sekitar 10 hingga 15 menit.
  6. Setelah sekitar 10-15 menit barulah charge hp android anda hingga penuh kembali. Jangan nyalakan sebelum penuh.
Cara kalibrasi baterai android di atas sudah saya lakukan, dan hasilnya sangat memuaskan lebih dari yang saya harapkan. Baterai terasa seperti baru, persentase 100% ke 50% terasa lebih irit dari yang sebelumnya.